728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 26 May 2016

    Kisah sukses bos cantik VietJet, maskapai dengan pramugari berbikini

    Model VietJet Air. ©facebook.com/Ngoc Trinh

    Nguyen Thi Phuong Thao, wanita berusia 45 tahun ini ialah pemimpin maskapai murah asal Vietnam, VietJet. Wanita mungil bersenyum manis ini mampu membawa VietJet menjadi maskapai besar melebihi perusahaan penerbangan milik pemerintah Vietnam, Vietnam Airlines, hanya dalam waktu kurang dari lima tahun.

    Bos VietJet kienthuc.net.vn

    Belum lama ini, VietJet tercatat melakukan aksi korporasi mencengangkan. Mereka memesan 100 pesawat Boeing 737 MAX 200 senilai USD 11,3 miliar atau setara dengan Rp 153 triliun.

    Dilansir dari CNBC, Kamis (26/5), perjuangan Thao dalam membangun VietJet cukup unik dan diliputi kontroversi. Thao menjelaskan, kunci suksesnya dalam berbisnis ialah dia melakukan penelitian amat dalam di setiap keputusannya.

    "Saya menghabiskan waktu 10 tahun untuk meneliti bisnis di industri penerbangan. Menemui pimpinan maskapai-maskapai murah dunia seperti Jetstar, Air Asia, dan Southwest Airlines," ujarnya.

    Selain penelitian, menurutnya, kepintaran memilih momentum adalah kunci sukses lain dirinya. Dia menceritakan momentum VietJet adalah pada 2011 di mana saat itu pemerintah Vietnam mulai membuka sektor penerbangan untuk swasta. Di tengah pertumbuhan kelas menengah yang pesat, Thao menilai masyarakat pasti membutuhkan maskapai penerbangan murah.

    Thao juga tidak takut dengan sorotan publik dan kontroversi. Di mana, pada 2012, VietJet membuat heboh media dengan menampilkan pelayanan penerbangan dengan pramugari berbikini. 

    Strategi bikini nyatanya cukup ampuh. Caranya berhasil menaikan pamor VietJet. Meski saat ini, layanan tersebut telah ditiadakan, namun, masyarakat tetap mengingat maskapainya.

    "Jika suatu 'keindahan' dapat membantu pelanggan kami senang maka kami akan selalu mencobanya," jelas Thao.

    Model VietJet Air facebook.com/Ngoc Trinh

    Namun, strategi ini bukan tanpa kritik. Thao disebut mengeksploitasi perempuan. Dia menjawab bahwa di dunia ini juga banyak kontes kencantikan dengan meminta para pesertanya berbikini. Bikini, menurutnya, adalah salah satu media untuk menunjukkan keindahan.

    "Kami melakukan ini untuk mendapatkan suatu keindahan sekaligus kebahagian," tuturnya.

    Pangsa pasar terbesar VietJet saat ini masih di dalam negeri. Di mana mereka melayani 34 rute penerbangan domestik dan 16 internasional termasuk ke Singapura, Thailand, dan Myanmar.

    Thao masih memiliki rencana ambisius untuk melebarkan sayapnya di masa mendatang seperti penerbangan menuju China, Rusia, hingga Jepang. Namun, rencananya ini tentu membutuhkan dana besar.

    Maka dari itu, Thao berencana membawa VietJet melantai di bursa saham. Akan tetapi, belum bisa dipastikan berapa dana yang diincar Thao dari aksi initial public offering (IPO) ini.

    "Jika mereka ingin kompetitif dalam industri ini, memang diperlukan penerbangan internasional. Namun, tentunya rencana ini tetap memiliki resiko," ujar Kepala analis penerbangan Centre untuk Asia Pasifik, Brendan Sobie.

    IPO ini dibutuhkan untuk VietJet menambah armadanya tahun ini, dari 36 menjadi 45 pesawat. VietJet juga berencana menambah dua rute penerbangan domestik dan 18 internasional.

    "Jika mereka membuat keputusan di waktu yang tepat maka rencana ini akan sukses," tutupnya.

    Bukan rahasia lagi bahwa Thao menganggumi maskapai pemerintah Dubai, Emirates. Dia menjadikan Emirates pedoman dalam membangun bisnis maskapainya.

    "Mereka bervisi global. Emirates adalah maskapai negara kecil namun ingin menguasai dunia," ujar Thao.

    Thao berambisi menguasai dunia namun tidak meninggalkan konsep penerbangan murahnya. Dia yakin penerbangan murah tetap dapat memberikan pelayanan kelas atas.

    Dia mencontohkan salah satunya soal pelayanan makanan. Makanan di VietJet, untuk penerbangan Ho Chi Minh-Singapura, penumpang dikenakan harga hanya USD 3. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan maskapai lain dengan rute sama yakni sekitar USD 10.

    "Maka dari itu, kami menasbihkan diri kami sebagai maskapai hybrid," tutupnya

    http://www.merdeka.com/uang/kisah-sukses-bos-cantik-vietjet-maskapai-dengan-pramugari-berbikini-splitnews-4.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kisah sukses bos cantik VietJet, maskapai dengan pramugari berbikini Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top