728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 22 May 2016

    Kisah di Balik Angkernya Markas PSM Makassar

    Angkernya markas PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta yang sebelumnya bernama Mattoanging sudah lama terdengar. Tidak hanya karena torehan prestasi pemain legendaris PSM (Alm) Ramang yang dikenal dengan tendangan mautnya, fans PSM juga selalu mengharamkan kekalahan di depan publik sendiri alias Siri' na Pacce'.

    Selama 12 tahun terakhir, atau sejak wafatnya Mayjen (Purn) Haji Andi Mattalatta, stadion ini dikenal semakin angker. Andi Mattalatta adalah tokoh pejuang kemerdekaan asal Kabupaten Barru, kelahiran 1 September 1920 yang juga ketua pertama Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS). Ia dulu berkantor di lantai dua Stadion Andi Mattalatta.


    Ruangan kerja ayah dari artis Andi Meriam Mattalatta dan politisi Dr Muhammad Andi Mattalatta itu bersebelahan dengan ruangan konfrensi pers. Masih ada bingkai papan namanya yang lengkap dengan jabatan militer terakhirnya yakni Mayjen TNI Purn H. Andi Mattalatta.

    Diketahui (Alm) H. Andi Mattalatta adalah panglima pertama Komando Daerah Militer Sulawesi Selatan dan Tenggara (KDMSST) yang dilantik 1 Juni 1957 oleh Kasad Mayjen TNI AH Nasution. Sebelum meninggal dunia, Andi Mattalatta membukukan sejumlah kisah perjuangannya yang ditulis sendiri setebal 644 halaman. Kisah itu diberi judul 'Meniti Siri dan Harga Diri'.

    Dalam tulisan itu, H.Andi Mattalatta tidak hanya menceritakan perjuangannya di kancah militer yang diawali sebagai Tokubetsu Teisintai di masa kependudukan Jepang tahun 1944. Namun penyandang berbagai anugerah bintang dan satya lencana perjuangan itu juga mengurai beragam pengalamannya dalam membangun dunia olahraga di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.

    Sebelum mengawali karier militer, bangsawan Bugis ini mendalami bidang atlet. Ia memiliki prestasi olahraga seperti renang, loncat indah, tinju, bahkan hampir semua jenis olahraga ditekuninya.

    Bahkan ia dijuluki maniak olahraga karena bisa apa saja. Dan atas kehebatannya di masa kolonial Belanda, menjadikan ia satu-satunya pribumi yang direstui bergabung menjadi anggota Sport Stait Spieren (SSS) yang didirikan untuk anak-anak Belanda di masa itu.



    Sumber : http://bola.liputan6.com/read/2513304/

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kisah di Balik Angkernya Markas PSM Makassar Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top