728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 25 May 2016

    Imbas krisis ekonomi parah Venezuela, Coca-Cola berhenti produksi



    Coca-Cola mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan sementara produksi Coke dan minuman manis lainnya di Venezuela. Hal ini menyusul krisis ekonomi yang melanda negara tersebut. Selain itu, Venezuela juga dilanda krisis gula parah.

    Berhentinya produksi Coca-Cola menjadi tanda krisis ekonomi dan kemanusiaan di Venezuela. Pemerintah setempat tak mampu membayar impor kebutuhan dasar penduduk seperti gula mentah, susu, telur dan tepung. Pegawai pemerintah bahkan hanya bekerja dua hari dalam sepekan untuk menghemat daya listrik.

    Selain itu, Venezuela juga mengalami krisis pasokan medis yang akhirnya mempengaruhi kesehatan 30 juta rakyatnya.

    Pekan lalu, perusahaan pemerintah pemasok gula di Venezuela telah menghentikan sementara produksi olahan gula. Coca-Cola ketika dikonfirmasi CNN Money memastikan perusahaannya terpengaruh krisis ekonomi dan gula dalam beberapa hari mendatang.

    Produksi tebu di Venezuela merosot karena harga yang murah. Di saat bersamaan, harga produksi justru melonjak tajam karena kelangkaan pupuk. Akibatnya, banyak petani kecil memilih untuk menanam tanaman lain yang harganya dikendalikan pemerintah.

    Juru bicara Coca-Cola, Kerry tressler mengatakan, bahwa perusahaan telah menawarkan pesangon kepada karyawan sampai pasokan gula kembali normal. Tressler tidak merinci berapa banyak karyawan yang terkenda suspensi ini.

    Presiden Venezuela Nicolas Maduro Jumat malam mengumumkan dekrit yang menyatakan negara dalam keadaan darurat selama 60 hari akibat krisis ekonomi. Dia juga memerintahkan penyitaan aset-aset pabrik yang bangkrut serta penahanan para pemilik pabrik. Selain itu Maduro juga memerintahkan militer Venezuela siap siaga melawan ancaman asing.

    Krisis ekonomi yang melanda negara Amerika Latin ini membuat warga kekurangan bahan makanan, harga-harga melonjak, timbul kerusuhan, penjarahan, dan kasus main hakim sendiri.

    Maduro menuding dalang di balik semua ini adalah Amerika Serikat. Dalam siaran televisi ketika dia mengumumkan dekrit itu Maduro mengatakan kepada para pendukungnya di Ibu Kota Caracas, AS mencoba melumpuhkan Venezuela ke tangan fasis.

    "Kita harus melakukan segalanya buat memperbaiki kapasitas produksi yang selama ini dilumpuhkan kaum borjuis," kata dia di hadapan kerumunan massa, seperti dilansir stasiun televisi ABC, Ahad (15/5).

    Dia menegaskan, siapa pun yang mencoba menghalangi produksi untuk menyabotase negara akan dijebloskan ke penjara atau diusir.


    http://www.merdeka.com/uang/imbas-krisis-ekonomi-parah-venezuela-coca-cola-berhenti-produksi.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Imbas krisis ekonomi parah Venezuela, Coca-Cola berhenti produksi Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top