728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 26 May 2016

    Ilmuwan Diam-diam Ingin Ciptakan Manusia dari Ketiadaan?


    Benarkah ilmuwan dapat menciptakan manusia? (Reuters).

    Beredar kabar bahwa ilmuwan dari Harvard Medical School melakukan pertemuan tertutup untuk membahas penciptaan manusia dari ketiadaan.

    Untuk mencari tahu kebenaran tersebut, seorang penulis LiveScience yang merupakan seorang peneliti biologi sintestis menghubungi pihak penyelenggara.

    Pada 10 Mei diadakan pertemuan bernama "HGP-Write: Testing Large Synthetic Genomes in Cells". HGP atau Human Genome Project adalah upaya kolaborasi terbesar di dunia biologi yang menghasilkan pengurutan genom manusia pada tahun 2003.

    Menurut penyelenggara pertemuan tersebut, kegiatan itu bertujuan untuk menginspirasi ilmuwan dan masyarakat dengan tantangan proyek besar baru, yakni meningkatkan pembacaan genom hingga menuliskannya, dengan membuatnya dari blok bangunan DNA perorangan.

    Berdasarkan keterangan penyelenggara, pertemuan tersebut tak bermaksud untuk dilaksanakan secara tertutup. Mereka mengaku memiliki rencana untuk melibatkan komunitas ilmiah secara luas, serta mengundang industri, pembuat kebijakan, dan masyarakat.

    Namun karena publikasi artikel hasil terlambat, para penyelenggara dilarang untuk membahas hal tersebut kepada umum hingga telah dipublikasi -- kebijakan jurnal yang dikenal sebagai embargo.

    Keterlambatan tersebut diumumkan beberapa hari sebelum pertemuan tersebut. Namun pihak penyelenggara memutuskan untuk tetap melanjutkan kegiatan itu, namun tak menyertakan para jurnalis hingga embargo dicabut.

    "Aku rasa itu bukan keputusan terbaik," ujar seorang penyelenggara dan seorang ilmuwan genetik Harvard, George Church, kepada STAT News.

    Genom adalah keseluruhan informasi genetik yang dimiliki suatu sel atau organisme, atau khususnya keseluruhan asam nukleat yang memuat informasi tersebut. Secara teoritis, genom manusia buatan dapat digunakan untuk menghasilkan manusia tanpa orang tua biologis.

    "Ide ini merupakan langkah besar bagi spesies manusia dan seharusnya tak dibahas secara tertutup," ujar ahli bioetis Laurie Zoloth kepada STAT News.

    http://global.liputan6.com/read/2516725/ilmuwan-diam-diam-ingin-ciptakan-manusia-dari-ketiadaan
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ilmuwan Diam-diam Ingin Ciptakan Manusia dari Ketiadaan? Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top