728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 30 May 2016

    [First Impression] Closers Online Indonesia

    Jadi kali ini saya akan mencoba menuliskan First Impression saya terhadap Closers Online Indonesia, sebuah MMORPG berbasis side-scrolling hack-n-slash yang berasal dari Korea Selatan dan dibawa ke Indonesia oleh Megaxus. Closers Online Indonesia telah open beta sejak tanggal 19 Mei 2016 dan terbilang playerbase-nya cukup ramai.

    A MMORPG with stamina

    Saya telah memainkan Closers Online Indonesia kurang lebih dua jam dan tidak mengalami kesulitan berarti selama bermain, teman saya yang pernah bermain Closers Online Korea mengatakan kalau versi Indonesia tidaklah sesulit versi Korea. Hal itu terbukti, hanya dengan menyelesaikan sebuah misitutorial karakter yang saya mainkan sudah mencapai level 10. Dan game ini jelas buatan Korea Selatan, karena waktu main saya dibatasi stamina, setiap kali kita memasuki Dungeon kita harus membayar dengan stamina. Jelas ini sangat mengganggu bagi orang yang hobi bermain tanpa henti kecuali tiba-tiba listrik mati atau internet terputus, dan sangat bagus bagi kalian yang menginginkan quality timedengan game ini.
    SScloser2

    The bad/good thing from Closers Online

    Murah kostum dan equipment! Pemain (sejauh ini) sangat mudah untuk mendapatkan kostum danequipment yang drop secara random, terkadang equip yang drop sudah berstatus +3. Sayangnya tidak ada aspek yang lebih menarik dari Closers Online Indonesia ini, semua ekspektasi kalian tentanggameplay MMO semacam ini kurang lebih ada disini. user interface game ini tidaklah bagus terutama tulisan berwarna ungu yang sangat mengganggu mata saat pemain sedang berada di base area.
    Mungkin pihak Megaxus sengaja menggunakan warna ungu untuk menarik perhatian pemain, dan ya saya akui itu berhasil. Begitu juga dengan pelitnya slot inventory, secara default pemain hanya diberi 21 slot item bagian equipment, saya terpaksa membeli tambahan slot sebanyak 14 slot yang harganya tak murah karena 21 slot equipment itu tak cukup.
    SScloser4
    Untuk game semacam ini sudah wajar banyak karakter yang menggunakan nickname dari anime,bukan_randy pun bertanya kepada saya sudah berapa banyak ketemu karakter dengan nama ‘Kirito.’ Sayang saya tutup mata terhadap nickname seperti itu kecuali yang menggunakannya itu teman saya.
    SScloser5
    Sejauh ini untuk nama yang menarik, ada karakter dengan nickname Kusogaki seperti yang kalian bisa lihat pada gambar diatas.
    SScloser3
    Untuk Pet, karakter yang kalian mainkan akan disertai pet yang bisa didapat setelah menyelesaikan sebuah misi. Evolusi ini bukanlah seperti Digimon dengan jalur perkembangan yang menarik, Pertumbuhan berawal dari sebuah telur kemudian berubah menjadi sebuah makhluk yang mirip ayam dan terakhir menjadi seekor domba hitam. Untuk melakukan evolusi pet saat pet kalian berada di level 15, harus membayar 100.000 gold.

    Gameplay & System

    Untuk game dengan tipe side-scrolling hack-n-slash alangkah bagusnya bila kalian menggunakangamepad, tangan saya mengalami nyeri setelah melewati dua dungeon karena harus menekan tombol arah, shorcut skill, dan shorcut item. Walau pun setelah menggunakan gamepad saya tetap menggunakan keyboard untuk shortcut berkat keterbatasan shortcut button pada gamepad.
    SScloser9
    Untuk sebuah game free to play jelas tersedia fasilitas item mall yang menyediakan item untuk menambah experience sebanyak 20% selama satu hari seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas. Saya belum pernah menggunakan Mi-Cash sebelumnya dan tidak menemukan info mengenai nilai rateMi-Cash, karena kedepan saya mau mencoba membeli item Academic and Money Luck Integrated Talisman di shop tersebut. Lumayan kan bisa nambahin 20% exp biar lebih gampang naik levelnya.
    SScloser8
    Oh iya, untuk batas level Closers Online Indonesia saat ini berada di level 58. Apakah dari kalian atau teman kalian sudah ada yang mencapai level 58?

    Lanjut Main? Yes but…

    MMORPG bergaya anime seperti ini walaupun dibuat oleh developer Korea, belumlah lengkap bila tidak mendengarkan suara karakter yang dimainkan dan NPC-nya dengan suara Jepang, karena saya kurang menyukai bahasa Korea baik lisan maupun tulisan. Jadi, saya akan bermain Closers Online Indonesia ini dengan mematikan semua suara dan menyetel lagu-lagu tema anime yang saya punya. Semoga saja kedepannya ada dub Jepang.
    SScloser7
    Bukan Rei Ayanami
    Dan bagi kalian yang juga bermain Closers Online Indonesia, silahkan menambahkan karakter saya [Arus] ke dalam daftar teman kalian.

    http://jurnalotaku.com/2016/05/27/first-impression-closers-online-indonesia/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: [First Impression] Closers Online Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top