728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 20 May 2016

    Deretan Insiden yang Menimpa Maskapai EgyptAir

    JakartaCNN Indonesia -- Maskapai EgyptAir jatuh dan hilang di laut Mediterania Kamis dini hari waktu setempat. Hingga saat ini pencarian pesawat dengan 66 penumpang dan kru itu masih belum membuahkan hasil.

    Beroperasi lebih dari 84 tahun, EgyptAir telah didera insiden-insiden berbahaya, termasuk pembajakan, kesalahan teknis atau kesalahan pilot. Beberapa insiden menewaskan puluhan penumpang dan kru.

    Berikut adalah insiden besar yang menimpa maskapai Mesir ini dalam 45 tahun terakhir, dikutip dari The Independent:

    Maret 1972
    Pesawat EgyptAir dari Kairo ke Aden di Selatan Yaman jatuh di pegunungan Shamsan saat hendak mendarat, menewaskan seluruh 30 orang di dalamnya.

    Agustus 1976
    Pesawat EgyptAir dalam penerbangan dari Kairo ke Luxor dibajak tiga teroris bersenjata yang memaksa diterbangkan ke Libya. Dalam pendaratan di Luxor, tentara Mesir menyerbu pesawat dan berhasil melumpuhkan pembajak. Seluruh penumpang selamat.
    Desember 1976
    Penerbangan EgyptAir dari Kairo ke Bandara Internasional Don Mueang di Bangkok jatuh ke kompleks industri di ibu kota Thailand tersebut. Seluruh 52 orang di dalam pesawat tewas, dan 19 warga Bangkok ikut menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Penyebab kecelakaan disebut karena kesalahan pilot.

    Oktober 1982
    Pesawat EgyptAir yang terbang dari Kairo ke Jenewa mendarat 50 meter sebelum landasan, terpantul dan tergelincir ke bagian kiri landasan. Sayap kanan pesawat itu patah. Sebanyak 182 orang penumpang di dalamnya selamat, namun pesawat mengalami kerusakan parah yang tidak bisa lagi diperbaiki.

    November 1985
    Pesawat EgyptAir dari Athena dibajak tiga orang bersenjata di bandara Malta. Lima penumpang dibunuh setelah bandara menolak mengisi bahan bakar pesawat. Pasukan Mesir menyerbu, sebanyak 58 penumpang tewas dalam insiden itu, dua pembajak terbunuh.

    Oktober 1993
    Penerbangan EgyptAir ke Yaman dibajak oleh seorang pria bersenjatakan pisau besar. Dia berhasil dilumpuhkan saat pesawat mendarat.


    EgyptAir banyak mengalami nasib malang selama 84 tahun beroperasi. (Reuters/Yiannis Kourtoglou /File Photo)

    Maret 1996
    Seorang pria Mesir dan putranya membajak pesawat EgyptAir dalam penerbangan dari Luxor. Mereka mengaku membawa peledak dan pesawat terpaksa dialihkan ke Libya. Para pembajak ingin bertemu dengan Muammar Gaddafi untuk menyampaikan "pesan dari Tuhan" demi membantu rakyat Palestina. Sebanyak 145 penumpang selamat dan para pembajak berhasil dibekuk di kota Tobruk.

    Oktober 1999
    Penerbangan EgyptAir dari Los Angeles ke Kairo dan transit di bandara JFK New York jatuh ke Samudera Atlantik sekitar 97 km lepas pantai AS. Seluruh 217 orang di dalamnya tewas. Hasil penyelidikan dua tahun kemudian menyimpulkan bahwa kecelakaan itu sengaja dilakukan pilot yang ingin bunuh diri.


    Mei 2000
    Seorang pria mengaku membawa bom dan meminta agar penerbangan EgyptAir yang dinaikinya dilaihkan ke Afghanistan. Beruntung para kru dalam penerbangan dari kota Aswan itu berhasil melumpuhkan pelaku setelah dia mencoba masuk ke kokpit. Bom yang dibawa pelaku ternyata adalah toples berisi gel rambut.

    Mei 2002
    Penerbangan EgyptAir dari Kairo ke Tunis jatuh di bukit dekat Bandara Internasional Carthage saat terjadi badai pasir. Sebanyak 14 dari 56 orang di dalamnya tewas. Kerusakan piranti lunak disebut sebagai penyebab kecelakaan.

    Oktober 2009
    Seorang pria Sudan mengancam pramugari dengan sebuah pisau dalam penerbangan EgyptAir dari Istanbul ke Kairo. Pria itu dilumpuhkan oleh dua petugas keamanan di pesawat.

    Juli 2011
    Terjadi kebakaran di kokpit dalam pesawat EgyptAir di landasan pacu yang akan terbang dari Kairo ke Jeddah di Arab Saudi. Tujuh dari 317 penumpang terluka dan pesawat mengalami kerusakan parah.

    Maret 2016
    Penerbangan EgyptAir dari Alexandria menuju Kairo dibajak dan dipaksa mendarat di Bandara Internasional Larnaca, Cyprus. Pembajak belakangan diketahui memakai sabuk peledak palsu, seluruh penumpang selamat. Motif pembajakan adalah karena pelaku ingin bertemu istrinya di Cyprus.

    http://www.cnnindonesia.com/internasional/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Deretan Insiden yang Menimpa Maskapai EgyptAir Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top