728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 12 May 2016

    Curhat bos PLN sempat pesimis kejar proyek 35.000 MW


    Dirut PLN Sofyan Basir. ©2014 Merdeka.com
    Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir mengakui keinginan pemerintah untuk membangun proyek kelistrikan dengan kapasitas 35.000 megawatt (MW) bukanlah pekerjaan mudah. Menurut dia, latar belakangnya sebagai bankir membuatnya sedikit pesimis akan target ini.
    Saat pemerintah mencanangkan proyek tersebut, Sofyan mengaku sempat kaget dan takut tak bisa terealisasi. Namun, setelah mendalami ulang rencana tersebut, baru dia mengerti bahwa mau tidak mau proyek ini harus terlaksana, karena dibutuhkan masyarakat.
    "Faktanya memang demikian. Saya juga sulit awalnya, karena saya bankir masuk PLN. Hari ini bisa memahami kebutuhan ini," kata dia di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (12/5).
    Sofyan menegaskan saat ini listrik per kapita masyarakat Indonesia masih sangat rendah yaitu sekitar 780 kilowatt hour (kWh). Sementara, negara-negara di Asia Tenggara lainnya sudah di atas Indonesia.
    "(Listrik per kapita negara ASEAN) ada yang 1.000 kWh, 2.000 kWh, bahkan ada yang 4.000 kWh lebih. Dan itu juga tentunya diikuti pertumbuhan income per kapita masyarakat kita. Mereka dulu punya kulkas sekarang punya. Tingkat kehidupan pun bertambah," jelas dia.
    Menurut Mantan bos BRI ini, masih banyak provinsi di Indonesia yang haus akan kebutuhan listrik tersebut. Hal ini terjadi lantaran pemerintah terlalu lama menyadari kebutuhan tersebut, sehingga terlambat membangun pembangkit listrik itu.
    Selain itu, listrik yang dimiliki Indonesia tiap tahunnya selalu ada yang mengalami kerusakan. Bahkan, tiap tahun sekitar 2.000 (MW) listrik keluar dari sistem karena rusak. Karena itu, proyek kelistrikan 35.000 MW ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi hal tersebut.
    "Setiap tahun pasti ada (listrik) yang keluar dari sistem. 55ribu MW kita susutkan 3-4 per tahun. 2.000 MW pasti keluar dari sistem tiap tahun karena rusak. Kita harus kasih cadangan. Jadi tidak semata hanya listrik ini pembangkit ini untuk 24 jam, 365 hari itu doang. Tidak. Ini hal yang secara teknis memang sulit kami jelaskan," pungkas dia.

    http://www.merdeka.com/uang/curhat-bos-pln-sempat-pesimis-kejar-proyek-35000-mw.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Curhat bos PLN sempat pesimis kejar proyek 35.000 MW Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top