728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 17 May 2016

    China Beli Gudang Emas Rahasia Terbesar Milik Inggris


    Jakarta, CNN Indonesia -- China akan membeli gudang emas terbesar yang dimiliki Inggris. Langkah ini akan memberikan China akses lebih luas dalam pasar emas dunia.

    Seperti diberitakan CNN, Selasa (18/5), ICBC Standard Bank, bank terbesar di dunia dalam sisi aset milik pemerintah China, sepakat untuk membeli gudang logam mulia Barclays di London.

    Gudang yang terletak di tempat rahasia itu merupakan yang terbesar di Eropa, mampu menampung hingga 2.000 ton emas, perak, platinum dan palladium, senilai lebih dari US$90 miliar.


    Kesepakatan pembelian ini akan memberikan ICBC pengaruh lebih besar dalam penjualan, penetapan harga, dan penyimpanan logam mulia. Belum diketahui nilai pembelian gudang tersebut oleh China.

    Gudang itu dibangun selama lebih dari satu tahun dan dibuka pada 2012 oleh Barclays. Pihak Barclays sendiri telah menyatakan mereka mulai akan meninggalkan bisnis penyimpanan emas.

    China menampung lebih dari seperempat permintaan emas dunia. Namun perdagangan emas global masih berpusat di London dan New York. Tahun lalu pasar emas batangan London mencatatkan transaksi hingga US$5 triliun.

    Kota London sendiri telah menjadi pusat perdagangan emas selama lebih dari 300 tahun.

    China terus menunjukkan perkembangan pesat dalam bisnis ini. Sejak tahun 2010 impor emas China meningkat hingga 700 persen dan Tiongkok melampaui India sebagai negara konsumen emas terbesar dunia pada 2013.

    Menurut perusahaan analisa keuangan Wells Fargo, China membeli sekitar 40 persen emas hasil tambang dunia setiap tahunnya.


    Sumber : http://www.cnnindonesia.com/internasional/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: China Beli Gudang Emas Rahasia Terbesar Milik Inggris Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top