728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 9 May 2016

    Cerita Lurah Cantik Ratna yang Ingin Sejahterakan Perekonomian Warganya




    Jakarta - Profesi lurah adalah sebuah pekerjaan yang sering diidentikan dengan peran seorang pria. Namun berbeda dengan Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Kelurahan tersebut dipimpin oleh seorang lurah cantik bernama Ratnarahayu Pitriyati.

    Wanita yang akrab disapa Ratna ini dilantik menjadi lurah pada Agustus 2013 silam. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Sekretaris Lurah di Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage. Di balik sosoknya yang ayu dan feminin, wanita 33 tahun ini tetap semangat mengembangkan misi mulianya, yakni mengembangkan aplikasi e-kelurahan dan menyebarkannya hingga masyarakat yang belum terjangkau.

    E-kelurahan adalah sistem administrasi kelurahan yang berbasis internet. Gunanya untuk memudahkan pelaporan, pengarsipan, dan pencarian data para warganya yang dapat diakses 24 jam. Kelurahan Sadang Serang adalah kelurahan pertama yang memakai konsep tersebut.

    "Dari tahun kemarin kita punya aplikasi ini dan harus terus dikembangkan sampai ke tingkat masyarakat yang belum terjangkau. Hingga pada akhirnya mereka bisa akses dari rumah dan tidak harus datang ke kelurahan, kalaupun datang hanya untuk ambil informasi layanan kelurahan yang diminta," tutur wanita 33 tahun ini saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Rabu (20/4/2016).

    Selain aplikasi kelurahan, lulusan STPDN ini juga memiliki program jangka pendek yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga yang dibinanya. Yakni mengajak setiap RW untuk menciptakan usaha rumahan agar menghasilkan produk-produk unggulan yang bisa dijual dan menghasilkan pendapatan.

    Terlebih lagi menurutnya, bidang sektor kreatif tengah berkembang sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi para RW yang dipimpinnya. Produk tersebut bisa berupa barang-barang hasil olahan sendiri, maupun penganan. Ia memberikan contoh, ada satu RW di kelurahannya yang sudah terkenal dengan olahan cheese stick. Olahan tersebut sudah masuk ke dalam produk unggulan bahkan hingga tingkat kecamatan. Hal ini tentunya akan menambah nilai ekonomi masyarakat yang ikut ke dalam kegiatan tersebut.

    "Program lainnya adalah program kebersihan lingkungan. Ke depannya saya harap RW yang saya bina bisa ikut lomba kebersihan antar RW. Sekarang kelurahan juga sudah ada lomba tingkat kelurahan yang akan dapat piala adipura, jadi nggak lama lagi saya akan buat lomba kebersihan antar RW," lanjut ibu satu anak ini.

    Ia menambahkan, perihal kebersihan lingkungan ini adalah suatu keharusan yang sedang digodok oleh Wali Kota. Namun untuk melakukan hal itu tidaklah mudah, bagaimanapun di dalam pekerjaan adala tekanan dan kesulitan yang dihadapinya. Hal itu adalah konsekuensi baginya.

    Tak hanya berusaha bekerja memperbaiki lingkungannya, Ratna pun berusaha membuat kantor tempatnya bekerja menjadi senyaman mungkin. Ia ingin membuang imej kantor kelurahan yang identik dengan ruangan sempit, pelayanan lambat, serta petugas yang tidak ramah. Di kantor kelurahan tempatnya bekerja, suasana dibuat mirip seperti bank."Saya mengutamakan pelayanan. Makanya di depan disediakan dispenser untuk minum dan permen. Jadi saat menunggu itu tidak bosan. Masa cuma di bank saja, kita juga bisa," katanya saat ditemui di Kantor Kelurahan Sadang Serang oleh detikcom beberapa waktu lalu.

    Bahkan terkadang, kantornya juga menyediakan kopi dan camilan ringan bagi warga yang datang ke kantornya untuk mengurus surat-surat. Selain itu, Ratna juga memberikan pengertian kepada para stafnya untuk melayni masyarakat dengan prima dan sepenuh hati.

    "Kalau ada staf saya yang datang sambil manyun, saya suruh dia refreshing dulu, nyanyi di aula. Kalau sudah bisa senyum boleh masuk ke kantor lagi. Makanya saya berusaha berkomunikasi dengan baik, agar permasalahan tidak dibawa ke dalam pekerjaan," tambahnya lagi. (int/ays)



    http://wolipop.detik.com/read/2016/04/22/081239/3194003/1133/cerita-lurah-cantik-ratna-yang-ingin-sejahterakan-perekonomian-warganya
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cerita Lurah Cantik Ratna yang Ingin Sejahterakan Perekonomian Warganya Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top