728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 25 May 2016

    Cari tahu fungsi Retikulum Endoplasma dalam sel, yuk!

    Ilustrasi sel saraf. ©Shutterstock/ktsdesign

    Merdeka.com - Sel adalah salah satu organel terpenting yang ada di dalam tubuh. Semua makhluk hidup mulai dari hewan, tumbuhan dan manusia memiliki yang namanya sel ini. Di dalam sebuah sel, masih ada beberapa organel lain yang juga membantu terwujudnya misi sang sel. Salah satu organel yang ada di dalam sel adalah Retikulum endoplasma atau RE. Seperti apa fungsi dan cara ia bekerja?

    Retikulum endoplasma adalah sebuah sistem membran yang wilayahnya sangat luas di dalam sebuah sel. Bentuk retikulum endoplasma ini hanya bisa dilihat dari bawah mikroskop elektron. Di bawah mikroskop, retikulum endoplasma ini terlihat seprti rongga atau tabuh pipih yang saling berkaitan dan menutupi hampir semua sitoplasma. Membran-membran ini punya struktur lipid protein yang sama besar dengan membrane lainnya yang ada di dalam sel itu. Setiap membran di retikulum endoplasma punya satu permukaan yang mengarah ke sitosol dan sisi yang lain menghadap ke bagian rongga itu. 

    Retikulum endoplasma bisa dibagi menjadi dua macam yaitu retikulum endoplasma yang kasar atau RE granular dan retikulum endoplasam halus atau RE agranular. RE granular ini berfungsi sebagai pengikat ribosom, sedangkan RE agranular hanya berisi membran saja. Kedua jenis retikulum endoplasma ini bisa ditemukan di dalam satu sel yang sama. Retikulum endoplasma juga berfungsi sebagai sistem transport substrat dan hasil dari sitoplasma ke luar sel dan ke nukleus.


    http://www.merdeka.com/pendidikan/cari-tahu-fungsi-retikulum-endoplasma-dalam-sel-yuk.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cari tahu fungsi Retikulum Endoplasma dalam sel, yuk! Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top