728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 16 May 2016

    Begini Cara Rexy Mainaky Menyemangati Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia


    Kepala Bidang Pembinaan PP PBSI Rexy Mainaky. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

    Kebersamaan adalah sebuah hal yang sangat ampuh untuk membentuk tim yang solid. Hal inilah yang kemudian dijaga tim Indonesia selama mengikuti pertandingan Piala Thomas dan Uber 2016 di Kunshan, Tiongkok. Pasalnya, tak jarang para pemain senior memberi masukan atau sekadar bercerita kepada juniornya mengenai pengalaman mereka bertanding.

    Seperti yang dilakukan Rexy Mainaky, mantan pemain ganda putra terbaik dunia yang pernah berpasangan dengan Ricky Soebagdja. Saat sesi berkumpul bersama pemain, Rexy menceritakan pengalamannya ketika bertanding di Piala Thomas 1998 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.“Kala itu suasana negara sedang genting karena ada kerusuhan tahun 1998. Saat tanding itu konsentrasi kami terpecah antara pertandingan dan mikirin keluarga di Jakarta. Namun, justru ini menjadi semangat buat kami untuk membela negara Indonesia” cerita Rexy.

    Tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil merebut Piala Thomas 1998. Kesuksesan itu didapat setelah menaklukkan tuan rumah Malaysia pada final dengan skor kemenangan, 3-2.

    Selain itu, Rexy juga menceritakan kisah tentang adik-adik juniornya yang dijuluki dengan ‘tukang laundry’. Kala itu, ada beberapa pemain muda yang ikut ke Kuala Lumpur untuk mendukung tim Thomas Indonesia, diantaranya Tony Gunawan dan Taufik Hidayat. Karena masih tergolong muda, kedua pemain ini kerap diberi tugas mencuci baju para seniornya atau pekerjaan ringan lain, seperti membawa kardus shuttlecock ke tempat latihan, menyediakan air mineral untuk seniornya dan sebagainya.

    “Tahun 1998, seorang Tony Gunawan dan Taufik Hidayat itu jadi tukang laundry, mereka membantu kami mencuci dan menjemur pakaian senior yang sedang bermain di Piala Thomas. Mereka memang sengaja diajak ke Kuala Lumpur untuk menimba pengalaman dan belajar dari senior bagaimana bertanding di event beregu,” kata Rexy.

    “Tetapi dua tahun kemudian, bisa kita lihat sendiri bagaimana seorang Taufik Hidayat tampil begitu brilian dan menjadi penentu kemenangan tim Thomas. Begitupun Tony yang ikut menyumbang poin,” tambahnya.

    Pada final Piala Thomas 2000, Indonesia meraih Piala Thomas untuk ke-12 kalinya setelah menang telak atas Tiongkok dengan skor, 3-0. Taufik Hidayat sempat menjadi pahlawan kemenangan karena mampu menaklukkan Ji Xinpeng di partai ketiga.

    “Jadi untuk pemain-pemain muda, manfaatkanlah kesempatan bertanding di Piala Thomas dan Uber ini sebaik-baiknya. Siapa tahu dua tahun kedepan, kalian yang akan menjadi ujung tombak atau penentu kemenangan tim,” tandas Rexy.


    http://olahraga.metrotvnews.com/bulutangkis/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Begini Cara Rexy Mainaky Menyemangati Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top