728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 19 May 2016

    Bakamla Tangkap Kapal Thailand dan Malaysia di Selat Malaka


    Kapal Angkatan Laut Tarihu milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang tengah bertugas berpatroli di perairan Selat Malaka berhasil menangkap satu unit kapal kayu berbendera ganda, yakni Thailand dan Malaysia, pada Rabu (18/5) tengah malam. 

    Kepala Biro Umum Sekretariat Utama Bakamla Kolonel Laut Suradi Agung Slamet, melalui siaran persnya, menjelaskan bahwa selain melakukan kesalahan dengan menggunakan bendera ganda, kapal kayu berbobot 45 GT itu didapati sedang berlayar tanpa menghidupkan lampu pada posisi 04 30 60 U/098 17 50 T, dengan laju kapal 9 knot.

    Sedangkan jarak antara KAL Tarihu dengan kapal yang mematikan lampu sekitar 2 nm. Artinya, dari jarak tersebut, kapal berbendera ganda itu dapat dilihat dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu pandang.

    Melihat pemandangan itu, Komandan KAL Tarihu Mayor Laut Yudho langsung memutuskan untuk mengejar kapal tanpa lampu dan berhasil mencegat kapal berbendera ganda itu. Ia juga memerintahkan kepada nakhoda kapal itu untuk menyalakan lampu kapal, namun perintah tersebut tak diindahkan oleh mereka.

    Selanjutnya, tutur Suradi, dilakukan penghentian terhadap kapal yang telah diketahui bernama KM. Tuna. Yudho kemudian memerintahkan seluruh ABK untuk berkumpul di haluan, sebelum akhirnya meminta kepada Perwira Jaga untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal yang dihentikan.

    Suradi mengungkapkan, dari pemeriksaan, diketahui bahwa KM. Tuna dinakhodai oleh WNI bernama Nasrul. Ia didampingi tujuh awak kapal yang juga berkebangsaan Indonesia. Kapal tersebut tidak dilengkapi dokumen apapun. Meskipun tanpa muatan, didapati bendera Thailand dan bendera Malaysia, serta sejumlah mata uang asing.

    Suradi menuturkan, saat ini KM. Tuna digiring ke Lanal Lhokseumawe untuk dilakukan pemeriksaan lanjut.

    http://www.cnnindonesia.com/nasional/20160520135152-20-132230/bakamla-tangkap-kapal-thailand-dan-malaysia-di-selat-malaka/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bakamla Tangkap Kapal Thailand dan Malaysia di Selat Malaka Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top