728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 27 May 2016

    Apa itu Cyberbullying?

    Ilustrasi (Thinkstock/Digital Vision)

    Apa kamu senang bermain sosial media? Seperti Instagram, Twitter, Facebook, Snapchat dan aplikasi lainnya? Ini memang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tanpa mengenal jarak dan waktu, kenal dekat atau sekedar tahu.

    Tapi dibalik kecanggihan teknologi yang ada, sebenarnya bisa membuat kita menghadapi satu hal yang sering terjadi di dunia maya. Ya, cyberbullying atau kekerasan yang terjadi di internet.

    Nah, apakah sih cyberbullying?

    Menurut psikolog Andrew Mellor, cyberbullying adalah kekerasan yang terjadi di internet, lewat bantuan teknologi. Biasanya, ini terjadi secara verbal atau kata-kata yang bisa melukai hati. Seperti diejek, dihina, diintimidasi atau dipermalukan melalui internet, salah satunya sosial media.

    Bullying enggak bisa lepas dari kesenjangan kekuatan antara pelaku dan korban. Biasanya, cyberbullying terjadi secara verbal karena dibatasi oleh media internet. Sesederhana mengejek postur tubuh pun bisa membuat seseorang merasa terintimidasi. Anak bisa menjadi stres bahkan depresi.

    Cyber bullying dianggap valid apabila pelaku dan korban masih di bawah umur 18 tahun. Sedangkan kalau satu pihak yang terlibat atau keduanya sudah berusia dewasa, maka kasus kekerasan yang terjadi di kategorikan sebagai cyber crime.

    http://student.cnnindonesia.com/pelajar/20160527141307-317-133871/apa-itu-cyberbullying/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Apa itu Cyberbullying? Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top