728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 30 May 2016

    400 Ribu Tahun Lalu Mars Pernah Alami Zaman Es


    Rangkaian observasi di Mars oleh sejumlah instrumen ilmiah atau pesawat robotika NASA mengungkap banyak temuan, salah satunya kandungan air yang dulunya pernah mendiami planet itu. Kini tim astronom mengatakan bahwa Mars pernah mengalami zaman es di masa lampau.

    Temuan air di Planet Merah selama ini menjadi kunci utama untuk memahami tentang perubahan Mars dari waktu ke waktu, terutama dugaan apakah Mars mampu menaungi kehidupan seperti di Bumi di masa lalu.

    Sebuah studi anyar yang baru dirilis mengatakan bahwa Mars pada masa lampau pernah dilanda zaman es yang diyakini telah berakhir pada 400 ribu tahun lalu.
    Studi yang dipublikasikan di jurnal Science ini mengungkapkan, Mars telah melewati sejumlah siklus zaman es pada masa purbakala. 

    Dari bantuan observasi pesawat antariksa robotika Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA, tim astronom menganalisis gambar radar dari es di kutub Mars.

    MRO yang dilengkapi oleh berbagai instrumen ilmiah untuk melakukan survei di Mars itu melacak pengikisan dan dampak angin yang bisa menjadi petunjuk bagaimana es bisa meningkat dan surut dari waktu ke waktu. 

    Dari situ, tim peneliti NASA bisa menyusun semacam linimasa (timeline) mengenai waktu kapan zaman es berakhir.

    Mengutip situs Engadget, mempelajari perubahan iklim di Mars dianggap bisa menjadi pembanding dengan pemanasan global yang terjadi di Bumi. Maka dengan mengirim manusia ke Mars diyakini bisa menjadi langkah baik untuk meneliti udara dan kondisi air di sana.


    http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160528174530-199-134046/400-ribu-tahun-lalu-mars-pernah-alami-zaman-es/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 400 Ribu Tahun Lalu Mars Pernah Alami Zaman Es Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top