728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 25 April 2016

    Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan

    1000 macam manfaat - Apakah Anda hobi mendengarkan musik? Tahukah Anda kalau mendengarkan musik itu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita? Namun gunakanlah volume suara yang sedang saja, jangan terlalu tinggi, karena ditakutkan dapat merusak gendang telinga Anda. Sebuah studi menunjukkan, mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan. Walaupun sekedar hiburan, tapi mendengarkan musik bisa digunakan untuk terapi musik lho. Terapi musik dapat digunakan untuk menetralkan kondisi Anda, seperti aspek fisik, emosional, mental, sosial, estetika, dan spiritual diharapkan agar dapat meningkatkan atau mempertahankan kesehatan. Lalu apa saja manfaat lain dari mendengar musik? Berikut ulasan mengenai manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan tubuh.

    Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan
    Meningkatkan Suasana Hati (Mood)
    Mendengarkan musik yang kita sukai ternyata dapat merubah suasana hati anda dan mampu membuat anda merasa lebih rileks. Oleh karena itulah, di kala suasana hati anda tidak sedang bahagia, maka mendengarkan musik dapat membuat perasaan hati anda lebih bahagia dari sebelumnya (Ini juga tergantung jenis musik yang anda dengarkan).

    Meningkatkan Konsentrasi
    Fokus merupakan salah satu keharusan dalam setiap aktivitas yang anda lakukan. Nah, musik ternyata mampu membantu meningkatkan fokus anda tersebut. Ini dapat dibuktikan, ada sebagian besar dari kita lebih bisa berkonsentrasi ketika belajar di saat mendengarkan musik secara bersamaan dengan aktivitas belajar.

    Menetralkan Emosional dan Mental
    Disaat kondisi mental anda tidak stabil, maka mendengarkan musik mampu menstabilkan kondisi mental anda tersebut. Oleh karena itulah, sangat dianjurkan mendengarkan musik yang anda sukai disaat kondisi mental anda kurang stabil.

    Mengurangi Stress
    Stress  menjadi salah satu kata yang paling tidak di inginkan oleh semua orang di saat menjalani padatnya aktivitas harian yang mereka lakukan. Nah, untuk menghindari stress tersebut, mendengarkan musik menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan stress yang anda alami tiap harinya.

    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Mendengarkan musik bisa menjadi teman Anda berolahraga dan bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen. Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga Anda. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

    Membantu Memulihkan Kesehatan
    Berbagai penyakit seperti jantung, kanker serta pernafasan merupakan penyakit-penyakit yang membutuhkan penyembuhan yang relatif lama, Nah, musik memiliki dampak yang sangat positif dalam membantu proses penyembuhan dari berbagai penyakit tersebut.

    Itulah ulasan mengenai manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba meluangkan waktu sejenak untuk mendengarkan musik kan.

    http://www.1000macammanfaat.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top