728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 12 March 2016

    Syarat Rupiah Bisa Menguat di Bawah Rp13.000/USD

    Rupiah bisa menguat hingga di bawah level Rp13.000/USD pada pertengahan tahun ini dengan syarat pemerintah dapat segera merealisasikan semua paket kebijakan. Foto: Dok/Sindonews

    JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) bisa menguat hingga di bawah level Rp13.000/USD pada pertengahan tahun ini. Syaratnya, pemerintah dapat segera merealisasikan semua paket kebijakan yang diluncurkan.

    Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada memprediksi rupiah bisa bergerak di kisaran Rp12.800-Rp12.900/USD. Di sini sinergi antara pemerintah dan Bank Indonesia diperlukan demi mencapai angka tersebut.

    "Kalau bisa buat kondisi makro baik maka nilai tukar membaik. Kira-kira berdasarkan asumsinya kalau pemerintah bisa segera realisasikan kebijakan mereka dan BI buat nilai tukar rupiah stabil, kita berharap pertengahan tahun di range Rp12.800-Rp12.900/USD," ujarnya, saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

    Menurut Reza, peluang menguatnya nilai tukar ke level Rp12.000-an/USD kembali lagi tergantung persepsi pelaku pasar. Terutama dalam merespons kondisi makro ekonomi Indonesia.

    "Ya, kalau peluang itu ada cuma balik lagi tergantung berapa positif pelaku pasar terhadap ekonomi makro. Masalahnya, ekonomi makro tergantung BI dan pemerintah," katanya.

    Seberapa cepat penguatan rupiah, lanjut dia, tergantung pada kecepatan pemerintah dalam merealisasikan kebijakan. Terakhir, rupiah berada di level Rp 12.000-an/USD awal tahun lalu.

    "Karena faktor penguatan rupiah di market tergantung seberapa cepat realisasi kebijakan mereka. Awal 2015 Rp12.600-Rp12.700/USD, nah semenjak itu nilai tukar rupiah terus bergejolak, inflasi dan ekonomi kurang baik," tandasnya.


    (dmd)
    http://ekbis.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Syarat Rupiah Bisa Menguat di Bawah Rp13.000/USD Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top