728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 2 March 2016

    Surat Utang RI Banyak Dipegang Asing, Gubernur BI Waspada

    Foto: Dana Aditiasari

    Jakarta -Surat utang Indonesia banyak dipegang oleh investor asing. Kondisi ini diwaspadai oleh Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo. Bila ada kondisi yang menyebabkan investor asing melepas surat utang ini, maka rupiah akan tertekan.

    "Ada lagi dengan terkait kita punya surat utang yang porsi dimiliki asing sudah cukup besar, dan kalau seandainya perusahaan asing itu tidak nyaman dengan perkembangan di dunia, misalnya ekonomi di negara maju sedang baik dan kemudian mereka ingin keluar dari Indonesia, nah itu akan membuat tekanan kepada rupiah kita," tutur Agus Marto, usai bertemu Menteri Perindustrian, Saleh Husin, di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

    Agus tidak mengatakan persis berapa dana asing di surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi di Indonesia. 

    Namun dalam data Kementerian Keuangan per 29 Februari 2016, jumlah surat utang negara (SUN) konvensional maupun syariah yang diterbitkan pemerintah mencapai Rp 1.507,81 triliun. Dari jumlah tersebut, investor asing memegang Rp 587,78 triliun atau 38,98%.

    Pada kesempatan itu, Agus juga menjelaskan soal hal-hal yang bisa membuat rupiah tertekan. Selain surat utang yang banyak dipegang investor asing, yaitu sikap eksportir yang tidak mau menukar dolar hasil ekspornya menjadi rupiah.

    "Hal itu yang kita bicarakan kepada Bapak Menteri Perindustrian. Supaya eksportir itu melepas dolarnya, dan kalau kita mengundang industri untuk berkembang, kita harapkan industri yang mengarah kepada ekspor, kata Agus.
    (wdl/ang) 

    http://finance.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Surat Utang RI Banyak Dipegang Asing, Gubernur BI Waspada Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top