728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 18 March 2016

    Skema Tarif Progresif Peti Kemas di Tanjung Priok akan Diubah

    Foto: agung pambudhy

    Jakarta -Skema tarif progresif peti kemas pasca customs clearance di Pelabuhan Tanjung Priok akan diubah. Selanjutnya, skema pengenaan tarif progresif baru akan ditetapkan dan disosialisasikan ke berbagai instansi.

    "Iya, kita kan hanya ubah skema. Tadi sudah rapat di kantor Kemenko Perekonomian, sebelumnya udah rapat di kantor Otoritas Pelabuhan (OP) dengan Kadin, asosiasi dan operator," terang Kepala Otorita Pelabuhan Tanjung Priok Bay M. Hasani saat jumpa pers di Gedung Pelindo II, Jakarta Utara, Jumat (18/03/2016).

    Menurut Bay, tarif progresif bongkar muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok akan diubah dengan menyesuaikan besaran penalti. Perubahan ini akan dibahas bersama PT Pelindo II dan juga dengan asosiasi pengusaha.

    "Besaran progresif, skema hari, dan penaltinya seperti apa ini baru yang akan dibahas dan dikaji. Misalnya hari pertama tarif dasar Rp 22.700 kan kecil. Hari kedua, kita terapkan 500%. Hari ketiga, 750%, hari keempat baru penalti," tutur Bay.

    Sedangkan denda yang dibayarkan nantinya akan masuk ke kas Pelindo bukan ke Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pasalnya, pihak Pelindo yang membangun infrastruktur dan fasilitas yang ada di pelabuhan.

    "Ya masuk ke Pelindo, kalau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dasar hukumnya apa? Karena Pelindo juga sendiri yang bangun infrastrukturnya. Untuk juga jaga keandalan fasilitas, itu juga untuk jaga keandalan infrastruktur dan fasilitas," pungkas Bay.
    (hns/hns) 

    http://finance.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Skema Tarif Progresif Peti Kemas di Tanjung Priok akan Diubah Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top