728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 2 March 2016

    RI Ingin Punya Bank Besar, Faisal Basri: BNI dan Bank Mandiri Digabung

    Foto: Rachman Haryanto

    Jakarta -Wacana untuk menggabungkan bank-bank BUMN menjadi satu kesatuan muncul kembali. Jika sebelumnya didorong untuk melakukan merger, kali ini wacana yang dibentuk adalah soal holdingbank BUMN. Tujuannya tak lain agar Indonesia memiliki bank besar untuk bisa bersaing di ASEAN.

    Ekonom Faisal Basri menilai, untuk bisa menjadi bank besar di ASEAN, bank-bank BUMN perlu digabung. Yang paling mungkin, Bank Negara Indonesia (BNI) digabung dengan Bank Mandiri.

    "Yang harus dilakukan pemerintah itu menggabung BNI dan Mandiri. Itu yang pertama. Tujuannya kan membuat ada bank di Indonesia yang cukup besar," katanya dalam Acara Market & Economic Outlook 2016 "Strategi Investasi di Tahun Monyet", di Graha Niaga, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

    Menurut Faisal, dengan kondisi perbankan di Indonesia yang terpecah-pecah saat ini, tidak memungkinkan Indonesia bisa memiliki bank besar.

    "Tadi saya katakan kalau dipecah-pecah seperti ini, bank di Indonesia semua di bawah Singapura, di bawah Thailand, di bawah Malaysia. Nah, kalau digabung, 'boom' langsung Thailand kalah, gitu. Kalau modalnya semakin besar, ekspansi kreditnya makin besar. Cost of fund lebih turun, bunga turun," jelas dia.
    (drk/hns) 

    http://finance.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: RI Ingin Punya Bank Besar, Faisal Basri: BNI dan Bank Mandiri Digabung Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top