728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 9 March 2016

    Perbankan Besar di AS Akhirnya Adopsi Model "Instant Payments"

    JP Morgan

    NEW YORK, KOMPAS.com - Nasabah bank besar di Amerika Serikat (AS) akhirnya berkesempatan untuk melakukan aneka hal secara cepat dan mudah seperti mengirimkan uang ke akun orang lain dengan mobile phone.

    Ide ini sebenarnya sudah lima tahun lalu berjalan dan saat ini perusahaan teknologi besar di Silicon valley menjadikan hal ini lahan bisnis sebagai penengah antara nasabah dan bank.

    Beberapa bank besar seperti JPMorgan Chase & Co, Bank of America Corp, Wells Fargo & Co dan U.S. Bancorp mulai menggunakan sistem instant oayment bersama, yang dinamakan "clearXchange".

    Sistem ini memudahkan nasabah bank untuk mentransfer uang secara cepat ketika mereka membayar tagihan makan malam, pembayaran sewa, atau tagihan saat liburan.

    "Apa yang kami lakukan adalah untuk memberikan kemudahan transaksi pembayaran secara real time, yang mana memang menjadi permintaan banyak nasabah," kata Mary Harman, managing director untuk payments di Bank of America.

    Sebelumnya, perusahaan teknologi besar seperti PayPal Holdings dan Facebook menawarkan aplikasi pembayaran yang menarik bagi pengguna muda, perbankan sebenarnya mendapatkan keuntungan krusial karena mengontrol aliran uang antarbank.

    Berdasarkan hitungan lembaga riset Javelin Strategy & Reserach, perputaran transfer uang menggunakan mobile phone dan komputer mencapai 200 miliar dollar AS pada tahun lalu.

    Sayangnya, Citigroup, salah satu dari empat bank terbesar di AS, belum mengumumkan dukungannya terhadap program "clearXchange" ini. Juru bicara bank enggan memberikan komentar.

    Sebelumnya, Citigroup menggunakan program pembayaranperson-to-person bernama Popmoney yang dimiliki oleh Fiserv Inc. 
    Penulis: Aprillia Ika
    Editor: Aprillia Ika
    Sumber: Reuters
    http://bisniskeuangan.kompas.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Perbankan Besar di AS Akhirnya Adopsi Model "Instant Payments" Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top