728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 18 March 2016

    Kemenko Maritim dorong JICT kelola kereta api pelabuhan

    Kereta Barang. ©2013 Merdeka.com

    Merdeka.com - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman mendorong JakartaInternational Container Terminal (JICT) menjadi penangungjawab kereta api pelabuhan Tanjung Priok. Hal itu guna menghindari masalah pada Tempat Penumpukan Sementara (TPS) kontainer.
    Deputi II bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko bidang Kemaritiman Agung Kuswandono menjelaskan saat ini kereta api pelabuhan yang melintas dari Tanjung Priok hingga Cikarang Dry Port tersebut sudah siap dioperasikan.
    "Ini (menentukan penanggung jawab KA pelabuhan) tidak mudah, karena harus bicara sistem bisnis. Karena ada unsur profit dan regulasi. Jadi tidak mudah. Kalau bangun KA sudah selesai, sekarang sudah bisa jalan," ujar Agung di kantor Pelindo II, Jakarta, Jumat (18/3).
    Selama ini, ada beberapa pihak yang punya kewenangan serta kapasitas untuk mengelola kereta api pelabuhan yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Kereta Api Logistik (Kalog), dan JICT.
    "Nah, ketiga pihak ini harus bicara untuk selesaikan masalah kerja samanya seperti apa," kata dia.
    Kemenko Maritim menghindari adanya dualisme pengelolaan pada manajemen kereta api di dalam pelabuhan tanjung Priok. Apabila kerta api pelabuhan tak dikelola JICT, kata dia, waktu bongkar muat akan menjadi lebih lama.
    "Salah satu penyelesaiannya adalah KA jadi bagian TPS JICT. Kita kerja sama dengan PU, Pelindo II untuk menyelesaikan regulasinya," pungkas dia.
    [sau]
    http://www.merdeka.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kemenko Maritim dorong JICT kelola kereta api pelabuhan Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top