728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 8 March 2016

    Indonesia Krisis Energi Tak Punya Cadangan Minyak

    Komisi VII DPR RI mengemukakan bahwa Indonesia saat ini telah mengalami krisis energi, lantaran tidak memiliki stok atau cadangan minyak nasional. Foto: Grafis/Istimewa

    JAKARTA - Komisi VII DPR RI mengemukakan Indonesia saat ini mengalami krisis energi, lantaran tidak memiliki stok atau cadangan minyak nasional. Cadangan minyak mentah (crude oil) Indonesia saat ini hanya untuk 14 hari, bahan bakar minyak (BBM) 22 hari, dan elpiji 17 hari.

    Anggota Komisi VII DPR RI Dito Ganinduto menyebutkan, dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa, ‎cadangan BBM di Tanah Air hanya sampai 22 hari. Sementara di negara lain, seperti Singapura, China, maupun Amerika Serikat (AS), cadangan BBM-nya bisa mencapai 90-200 hari.

    "Singapura penduduknya 4,7 juta jiwa, cadangan BBM-nya 90 hari. Malaysia penduduknya 28 juta jiwa, cadangan BBM-nya 25 hari, China penduduknya 1,3 miliar jiwa cadangan BBM-nya 90 hari, AS penduduknya 310 juta jiwa, cadangan BBM-nya 260 hari. Indonesia penduduknya 250 juta jiwa, cadangan BBM-nya cuma 22 hari," ungkapnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (7/3/2016).

    Artinya, sambung dia, Indonesia tidak memiliki cadangan minyak nasional sama sekali. Bahkan, Dito membayangkan, jika Indonesia harus menghadapi peperangan dalam lima hari, maka sudah dapat dipastikan akan kalah karena tidak memiliki BBM.

    "Kita tidak punya cadangan nasional sama sekali. Bisa dibayangkan kalau kita perang lima hari, habis kita karena enggak ada BBM. ‎Artinya, energi kita situasinya kritis, kita tidak punya cadangan nasional sama sekali. Yang disebut ketahanan energi itu kan mengamankan energi masa depan bangsa‎," tandasnya.


    (izz)
    http://ekbis.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Indonesia Krisis Energi Tak Punya Cadangan Minyak Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top