728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 11 March 2016

    Indonesia Bisa Kebanjiran Modal Asing, asal...

    Ilustrasi mata uang euro

    JAKARTA, KOMPAS.com - Bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) baru saja menurunkan suku bunga acuan untuk kawasan Uni Eropa sebesar lima basis poin menjadi nol persen. Lalu, apa dampak kebijakan ini bagi negara berkembang, tanpa terkecuali Indonesia?

    Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menyatakan, penurunan suku bunga acuan oleh ECB pasti akan memberikan pengaruh bagi perekonomian dunia. Salah satu pengaruh yang disoroti Mirza adalah pergerakan dana investor dari Eropa ke negara-negara berkembang. "Pasti pengaruhnya kepada aliran modal," kata Mirza di kantornya, Jumat (11/3/2016).

    Lebih lanjut, Mirza menilai, investor pasar modal tidak tertarik dengan suku bunga yang rendah. Oleh sebab itu, ada kemungkinan besar dana investor di negara-negara yang mematok suku bunga rendah akan lari ke negara berkembang yang suku bunganya lebih menjanjikan. "Bagi investor pasar modal di sana menjadi kurang menarik, sehingga kemudian dana mulai masuk kembali ke emerging market," terang dia.

    ECB mengumumkan memangkas sejumlah suku bunga dan memperluas program pembelian aset. Kebijakan tersebut mengejutkan pasar keuangan global lantaran dinilai terlalu dramatis.

    Suku bunga untuk fasilitas pinjaman marjinal akan mengalami penurunan sebesar lima basis poin menjadi 0,25 persen dan suku bunga fasilitas deposito akan menurun 10 basis poin menjadi minus 0,4 persen, mulai dari 16 Maret 2016. ECB pun memutuskan untuk memperluas pembelian aset bulanan sebesar 20 miliar euro menjadi 80 miliar euro mulai April mendatang. Stimulus tersebut bertujuan untuk memompa likuiditas ke pasar keuangan sekaligus menggerakkan perekonomian Eropa yang selama ini stagnan.
    Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
    Editor: Josephus Primus
    http://bisniskeuangan.kompas.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Indonesia Bisa Kebanjiran Modal Asing, asal... Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top