728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 12 March 2016

    Euro Berjaya Atas USD, Rupiah Dibuka Melempem

    Nilai tukar rupiah terhadap USD pada pembukaan hari ini dibuka melemah meski pergerakannya mulai menunjukkan penguatan. Foto: Dok SindoPhoto

    JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada pembukaan hari ini dibuka melemah meski pergerakannya mulai menunjukkan penguatan. Pelemahan rupiah hari ini di tengah menguatnya euro terhadap USD setelah Bank Sentral Eropa (ECB) menurunkan suku bunga.

    Posisi rupiah berdasarkan data Yahoo Finance hari ini dibuka melemah terhadap USD atau berada di level Rp13.142/USD. Namun, pada pukul 10.00 WIB rupiah mulai bergerak menguat meski dibanding dari penutupan sebelumnya masih melemah yang berada di level Rp13.050/USD.

    Data Bloomberg, rupiah dibuka berada di level Rp13.110/USD dengan kisaran Rp12.070-Rp13.117/USD atau masih tercatat melemah dibanding penutupan kemarin di level Rp13.052/USD. Namun, pada pukul 10.00 WIB rupiah nongkrong di level Rp13.084/USD.

    Sementara, berdasarkan data Sindonews bersumber dari Limas, rupiah berada di level Rp13.095/USD. Posisi ini turun dari posisi penutupan Selasa kemarin yang berada di level Rp13.075/USD.

    Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level Rp13.087/USD. Posisi ini menguat dari posisi sebelumnya di posisi Rp13.149/USD.

    Dilansir dari Reuters, euro melayang tinggi mendekati posisi tertinggi dalam tiga pekan. Penguatan euro pasca Bank Sentral Eropa (ECB) mengguncang pasar dengan memotong suku bunga.

    Di sisi lain, safe haven yen menguat terhadap USD karena ekuitas bereaksi negatif terhadap langkah yang akan dilakukan ECB ke depan. Bahkan, Indeks Jepang Nikkei dibuka melemah cukup dalam.

    ECB kemarin meluncurkan serangkaian langkah-langkah pelonggaran berani seperti yang diharapkan, termasuk ekspansi dalam pembelian aset dan penurunan lebih dalam untuk suku bunga deposito yang sudah negatif.

    Euro terhadap USD menguat di level 1,1218, melompat 1,6% terhadap greenback. Indeks USD menderita kerugian besar pada kekuatan euro, berjuang mendekati level terendah dalam satu bulan dari posisi 95,939.

    USD terhadap yen turun 0,3% ke level 112,835. USD pun tercatat jatuh ke posisi terendah dalam 16 bulan. Sementara, dolar Australia sedikti berubah di level 0,7460, setelah kemarin sempat tergelincir 0,4%.


    (izz)
    http://ekbis.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Euro Berjaya Atas USD, Rupiah Dibuka Melempem Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top