728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 19 March 2016

    Ekspor Produk Kayu RI ke Eropa Dikenai Biaya Uji Tuntas US$ 2.500

    Foto: Dana Aditiasari-detikFinance

    Jakarta -Uni Eropa tidak percaya dengan penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) di Indonesia. Akibatnya, produk kayu dan olahan kayu dari Indonesia harus melewati uji tuntas alias due diligence terlebih dulu agar bisa masuk ke pasar Eropa.

    Wakil Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) bidang Pengkajian dan Hubungan Antar Lembaga, Hari Basuki mengatakan pengenaan due diligence tersebut mengakibatkan pengusaha harus membayar biaya agar produknya bisa masuk ke negara-negara Eropa.

    "Untuk due diligence itu, kita harus bayar US$ 2.000-2.500 (Rp 26 juta- Rp 32,5 juta, kurs Rp 13.000/US$) per shipping (setiap pengapalan). Itu sekali, sementara kan kita kirim barang kan nggak mungkin cuma sekali," ujar dia dalam diskusi di Kantor Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

    Hal tersebut menjadi hambatan tersendiri bagi pengusaha Indonesia karena harga jual produknya menjadi lebih mahal dan tidak kompetitif. Seharusnya SVLK bisa menjadi tameng, artinya, pengusaha yang sudah mengantongi SVLK tidak perlu lagi melewati proses due diligence lagi. 

    Sayangnya, SVLK belum diakui di Eropa karena dianggap penerapannya di Indonesia masih belum konsisten. Terlihat masih adanya beberapa produk yang tidak diwajibkan mengurus SVLK.

    Perlu diketahui, sertifikat SVLK merupak bukti bahwa kayu yang dijual maupun kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan furnitur dan mebel bukan berasal dari hasil penebangan liar alias illegallogging.

    Sertifikat SVLK dikeluarkan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, namun kebijakan penerapannya ada di tangan Kementerian Perdagangan. Untuk itu,  butuh kerja sama antar berbagai pihak untuk konsisten menerapkan aturan tersebut. Karena, bila kayu dan olahan kayu Indonesia tidak diakui dunia internasional, dikhawatirkan akan menyulitkan produk Indonesia untuk masuk ke pasar internasional.
    (dna/hns) 

    http://finance.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ekspor Produk Kayu RI ke Eropa Dikenai Biaya Uji Tuntas US$ 2.500 Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top