728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 9 March 2016

    Berisiko, Harga BBM Disarankan Tetap di Atas Rp5.000/Liter

    Harga BBM diprediksi bakal kembali turun bulan depan, namun beberapa kalangan meminta besaran penurunan harganya tidak terlalu besar karena berisiko/Ist

    JAKARTA - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diprediksi bakal kembali turun bulan depan saat pemerintah sedang bersiap melakukan evaluasi tiga bulanan untuk menentukan Indonesia Crude Price (ICP) di tengah penurunan harga minyak mentah dunia. Terkait hal tersebut, Anggota Komisi VII DPR Kurtubi menyarankan agar penurunan harga BBM tidak terlalu besar dan tetap di atas Rp5.000 per liter

    Dia menambahkan penurunan harga BBM yang terlalu besar sangat berisiko, jika kemudian hari terjadi kenaikan harga kembali. Menurutnya dengan penurunan yang terlalu jauh, maka potensi besaran angka jika terjadi kenaikan akan tinggi juga.

    “Ini bisa mengundang reaksi besar-besaran dari masyarakat. Karena kalau turunnya banyak, bisa jadi nanti naiknya akan banyak," jelasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (9/3/2016).

    Lanjut dia, rendahnya harga minyak mentah dunia saat ini tetap menjadi momen yang tepat untuk menurunkan BBM lewat instrumen kebijakan harga. Meski tentu saja, penurunan tersebut disarankan tidak sebanyak yang disuarakan berbagai kalangan, misal di bawah Rp5.000 per liter.

    Hal senada juga diungkapkan Dewan Pakar Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) Benny Lubiantara yang berpendapat penurunan harga BBM yang dilakukan hendaknya jangan terlalu banyak, lantaran dikhawatirkan akan berdampak buruk untuk jangka panjang.

    Menurut Benny, jika tingkat domestic price BBM terlalu rendah, maka membuat tingkat konsumsi BBM menjadi sangat boros. Jika kondisi demikian terus terjadi, tentu sangat berbahaya bagi ketahanan energi nasional. Pasalnya, imbuh dia pada sisi berbeda suplai saat ini justru mengalami penurunan.

    “Konsumsi akan jor-joran karena harga yang terlalu murah. Ini sangat berbahaya, karena berimplikasi pada kesenjangan hilir dan hulu yang cukup signifikan,” tandasnya.


    (poe)
    http://ekbis.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Berisiko, Harga BBM Disarankan Tetap di Atas Rp5.000/Liter Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top