728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 4 March 2016

    Bappenas dorong Pemda tingkatkan ekspor non migas

    Ilustrasi Ekspor Impor. ©2014 Merdeka.com

    Merdeka.com - Direktur Perdagangan Investasi dan Kerjasama Ekonomi International, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti mendorong pemerintah daerah untuk terus meningkatkan ekspor non migas. Sebab, data menunjukkan ekspor non migas dalam 2 tahun tidak progresif.

    "Kita akan dorong peningkatan ekspor non migas menjadi prioritas nasional. Sasarannya bukan jadi 1 atau 2 kementerian, tapi juga beberapa kementerian lainnya, ada tugas Kemendag, Kemenhub, Kementerian Perekonomian juga akan saling bersinergi," ujarnya saat diskusi dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (4/3).

    "Daerah harus berkontribusi terhadap ekspor non migas Kami mengharapkan daerah berkontribusi terhadap target ekspor non migas," tambahnya.

    Lebih lanjut, kata dia, Indonesia memiliki banyak produk non migas yang bisa di dongkrak ekspornya. Misalnya produk tekstil seperti sepatu dan pakaian yang menjamur di kawasan Bandung.

    Dengan digenjotnya daerah untuk memberi kontribusi terhadap ekspor non migas, nantinya diharapkan daerah bisa memiliki ikon komoditas yang bisa di ekspor.

    "Masing-masing daerah kami harapkan punya komoditas ekspor yang nanti bisa menjadi ikon. Dalam jangka menengah Indonesia terjadi pergeseran ekspor, tidak lagi ekspor barang mentah seperti batu bara, tetapi yang sudah di olah dan nanti di ekspor. Memang itu sulit tapi ada," kata dia.

    Pemerintah, kata dia, menargetkan tahun ini ekspor non migas bisa memenuhi target sebesar 5 persen. Tahun 2015, Indonesia mengalami defisit ekspor non migas sebesar 9,8 persen.

    "Tahun 2017 target ekspor non migas kita naikkan menjadi 10,4 persen Kita akan coba target segitu, karena kelihatannya ekonomi dunia sudah mulai membaik," pungkasnya.

    [idr]
    http://www.merdeka.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bappenas dorong Pemda tingkatkan ekspor non migas Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top