728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 24 February 2016

    Terminal Baru Bandara Soetta, Ada Kereta Tanpa Masinis Hingga Jalan Layang

    Foto: Grandyos Zafna

    Jakarta -Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta semakin mendekati selesai. Saat ini pekerjaan fisik konstruksi terminal paling anyar Bandara tersibuk di Indonesia ini telah mencapai 96%. Bagaimana penampakannya?

    Kemegahan Terminal 3Ultimate ini sudah bisa terlihat dari kejauhan begitu memasuki kawasan BandaraSoekarnoHata. Begitu memasuki kawasan bandara selepas keluar Jalan Tol, Terminal ini tampak mentereng di sisi sebelah kanan jalan.


    Jalan-jalan layang yang terlihat seperti rangkaian temali saling membentuk simpul menjadi penghias tampilan depan Terminal ini. Di belakangnya terpampang bangunan raksasa, melebar ke samping.

    Bangunan raksasa tersebut adalah bangunan utama Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta. Tampilan mukanya begitu gagah, dan terkesan modern, berupa dinding-dinding lebar yang tertutup kaca dengan susunan rapat dan rapih.

    Semakin mendekat ke bangunan utama, persaan berdebar-debar semakin menyelimuti detikFinance yang sempat menyambangi lokasi proyek ini. Melaju melintasi jembatan layang yang dari kejauhan tadi tampak seperti simpul tali, membuat perjalanan seperti menembus dunia lain.

    Meskipun belum selesai, nuansa megah yang membedakan Ternal 3 Ultimate dengan Terminal 1 dan 2 sudah begitu terasa. Sembari melintas jembatan layang, mata pun dimanjakan dengan pemandangan indah di sisi kiri dan kanan jalan yang tinggi dan semakin menanjak.

    detikFinance pun menjumpai sepasang patung yang menjadi ikon bandara ini, yakni patung Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Dua patung ini dipindahkan dari posisinya semula yang berada tepat di pintu masuk area bandara.

    Setelah melintasi jembatan layang tadi, tiba lah akhirnya tepat di pintu kedatangan Terminal 3Ultimate yang berada di ketinggian. Siapa pun pasti berdecak kagum. Karena dari posisi ini seluruh area bandara tampak begitu jelas, seperti mata ingin melahap seluruh pemandangan yang ada di depannya.


    Sebelum masuk ke area bangunan terminal, terlebih dahulu detikFinance dimanjakan dengan pemandangan bangunan Terminal bandara. Bangunan yang sedari jauh sudah tampak modern ini semakin menunjukkan wujud aslinya ketika dihampiri dari dekat.

    Ornamen atap bernuansa aero dinamis dibalut warna silver hitam membuat kesan modern semakin kental terasa.

    Untuk memasuki bagian dalam gedung terminal harus melewati jembatan yang mebghubungkan jalan layang tadi dengan terninal bandara. Dari jembatan ini terlihat bagian bawah terminal bandara yang mulai menunjukkan bentuk fisiknya.

    Tampak sisi ruangan yang bakal dijadikan area pengambilan bagasi. Tampak pula ruangan-ruang luas terbuka yang entah akan dimanfaatkan menjadi apa, namun nuansa megahnya sudah mulai terasa.

    Memasuki bagian dalam Terminal, rasa kagim semakin tak bisa disembunyikan. Mata langsung dimanjakan dengan pemandangan berupa ruangan luas nan lapang yang begitu unik. Meski dibalut kaca hitam sebagai pelapis dindingnya, ruangan lapang ini sama sekali tak nampak gelap.

    Rupanya, kaca-kaca yang membalut hapir seluruh sisi luar terminal ini adalah elemen penting yang memungkinkan sinar matahari leluasa masuk dan menerangi seisi ruangan. Warna hitam pada kaca yang terlihat dari luar, rupanya sengaja diterapkan untuk menghalau kesan silau dan meredam panas yang datang bersama matahari.

    Melihat bagian atas, ada pemandangan unik. Langit-langit terminal tidak dipasangi penutup solid berupa plafon padat yang terbuat dari bahan padat, melainkan membran elastis yang ringan.

    Membran berwarna abu-abu ini memiliki lapisan yang mengilap. Dipasang sedemikian rupa sehingga membentuk permukaan seperti prisma, membuat lapisan membran ini memiliki fungsi untuk membantu memantulkan cahaya yang masuk melalui celah jendela paling atas membuat distribusi cahaya lebih merata, bahkan tanpa memerlukan bantuan lampu penerangan.

    Selain itu, membran ini juga memiliki fungsi meredam suara bising mesin pesawat yang bersandar. 

    Dengan strukturnya yang ringan, lapisan ini pun memberikan tingkat keamanan yang maksimal. Karena, bila terjadi guncangan, lapisan atap membran yang jatuh tidak akan melukai orang di bawahnya mengingat bentuknya yang elastis dan ringan.


    Beralih ke sisi lain, tampak pula lintasan kereta otomatis tanpa masinis alias Automated Guideway Transit (AGT) sebagai penghubung antar terminal di bandara internasional Soekarno-Hatta. dengan penggunaan AGT ini, Bandara Soekarno Hatta bukan hanya akan memiliki tampilan yang menawan melainkan juga fasilitas yang modern seperti Bandara Changi Singapura.

    Secara keseluruhan, Terminal Bandara ini tampak menawan. Tak sabar melihat penampakan asli Terminal 3 Ultimate calon saingan Bandara Changi di Singapura ini? Tunggu hingga Mei 2016!
    (dna/ang) 

    http://finance.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Terminal Baru Bandara Soetta, Ada Kereta Tanpa Masinis Hingga Jalan Layang Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top