728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 28 February 2016

    TAX AMNESTY, APA MANFAATNYA? (BAGIAN III- SELESAI)


    Direktur Eksekutif Center of Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo menambahkan saat ini merupakan waktu yang tepat bagi pemerintah untuk memberlakukan kebijakan pengampunan pajak.

    Oleh karenanya, ia menegaskan bahwa kebijakan tersebut harus benar-benar terlaksana, karena apabila batal, biaya politik yang ditimbulkan akan makin besar dan negara bisa dirugikan karena tiadanya biaya untuk pembangunan.

    "Kita sudah mewacanakan ini sejak pertengahan 2015 dan kini dalam posisi 'point of no return' atau tak bisa kembali. Karena jika batal akan meruntuhkan kepercayaan wajib pajak pada pemerintah dan menciptakan ketidakpastian," jelasnya.

    Menurut Yustinus, dengan adanya optimalisasi dalam penerimaan pajak, maka pemerintah bisa memiliki dana memadai dalam pembangunan proyek infrastruktur dan sosial serta mengurangi ketergantungan terhadap utang.

    "Dalam jangka pendek, hanya 'tax amnesty' yang mampu menyelamatkan penerimaan negara. Jika direvisi lagi dan tidak tercapai, akan berpengaruh pada sisi belanja, terutama program-program pembangunan sosial bagi masyarakat," katanya.

    Selain itu, kata dia, repatriasi dana dari hasil pengampunan pajak terhadap wajib pajak yang menyimpan aset di luar negeri, juga bermanfaat untuk memperkuat sistem perbankan dan menurunkan tingkat suku bunga. Namun, ia mengharapkan, pemerintah bisa mengiringi dengan perbaikan pengawasan, sehingga ada tambahan potensi pajak baru yang bisa berdampak pada perbaikan rasio pajak, yang saat ini masih rendah pada kisaran 12 persen.

    "Dalam jangka panjang, pemerintah harus fokus pada perluasan basis pajak. Kalau sistem manajemen dan pengawasan data bagus, ke depan akan ada kenaikan yang berkelanjutan," kata Yustinus.

    Dengan harapan yang ada, maka pengampunan pajak seharusnya benar-benar bisa memberikan kontribusi terhadap penerimaan, untuk mengurangi beban pemerintah yang selama ini kurang optimal melakukan "extra effort" dalam bidang perpajakan. Meskipun demikian, pemerintah harus membuat rencana cadangan, terutama apabila implementasi "tax amnesty" di lapangan tidak sesuai harapan, bahkan membebani pemerintah dengan berbagai permasalahan baru. (Antara)


    Penulis/Editor: Ferry Hidayat

    Foto: Sufri Yuliardi
    http://wartaekonomi.co.id/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: TAX AMNESTY, APA MANFAATNYA? (BAGIAN III- SELESAI) Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top