728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 24 February 2016

    Suku Bunga Deposito Idealnya 1% di Atas Inflasi

    Foto: Rachman Haryanto

    Jakarta -PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menyambut baik rencana pemerintah ingin membatasi besaran suku bunga deposito atas simpanan dana pemerintah, BUMN, dan BUMD di perbankan. Dalam rencananya, suku bunga deposito tersebut akan dibatasi maksimal 5%. 

    Namun, batasan tersebut tidak berlaku bagi deposito non pemerintah. Direktur Utama BNI Achmad Baiquni menyebutkan, idealnya suku bunga deposito maksimal di atas 1% dari inflasi.

    "Yang pasti kemarin cap-nya itu BI rate plus 200 bps untuk BUKU IV. Tentunya ini akan ditinjau kembali. Berapanya mungkin masih pembicaraan. Kalau menurut saya ideal (1% di atas inflasi), karena banyak negara yang segitu juga. Ya, kalau sekarang kita lihat suku bunga kita dibanding negara lain tinggi," jelas dia, di Jakarta, Rabu (24/2/2016).

    Saat ini, Baiquni menyebutkan, suku bunga deposito rata-rata di angka 4,5%-7%, tergantung tenor dan besaran simpanan.

    "Itu rangenya dari jangka waktu, nominalnya, itu kita start dari angka 4,5% dan 5% juga ada sampai ke angka 7% itu ada. Cuma semua tergantung jangka waktu dan nominalnya juga," jelas dia.

    Jika suku bunga deposito berhasil diturunkan, Baiquni menyebutkan, suku bunga kredit juga bisa disesuaikan.

    "Untuk bunga kredit itu tergantung cost of fund, tergantung biaya dana, overhead, premi risiko, itu tergantung itu semua," kata Baiquni.
    (drk/hns) 

    http://finance.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Suku Bunga Deposito Idealnya 1% di Atas Inflasi Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top