728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 25 February 2016

    Risiko pasar meningkat, rupiah dibuka melemah ke Rp 13.396 per USD

    Ilustrasi Rupiah Turun. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

    Merdeka.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis (25/2) kembali di zona merah alias melemah.

    Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka melemah 0,09 persen atau 12,50 poin ke level Rp 13.396 dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 13.411 per USD.

    Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan Masih turunnya harga minyak mentah dunia menjadi perhatian pelaku pasar. Preferensi risiko pelaku pasar pun meningkat dengan meningkatkan kepemilikan pada mata uang yang dianggap safe heaven saat ini, yaitu Yen.

    Imbas dari kondisi tersebut membuat sejumlah mata uang lainnya cenderung melemah. Tidak hanya pada USD namun, juga pada mata uang lainnya antara lain EUR, GBP, AUD, CNY, hingga CHF. Sementara itu, sentimen dari dalam negeri, laju Rupiah tampaknya dibatasi oleh sentimen pembatasan suku bunga oleh pemerintah dimana mengharapkan suku bunga yang rendah untuk mendorong pertumbuhan.

    "Mulai berbalik melemahnya laju Rupiah memberikan sentimen negatif bagi pergerakan Rupiah selanjutnya," ujarnya dalam riset harian.

    Apalagi sejumlah mata uang regional juga masih melemah terhadap laju USD sehingga memberikan kesempatan tipis bagi Rupiah untuk bertahan naik. Waspadai potensi pelemahan lanjutan. Tetap cermati sentimen yang ada. Laju Rupiah akan berada di level Rp 13.451-13.438.

    [yud]
    http://www.merdeka.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Risiko pasar meningkat, rupiah dibuka melemah ke Rp 13.396 per USD Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top