728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 28 February 2016

    KADIN: PERIZINAN USAHA HARUS DIPERHATIKAN PEMERINTAH


    WE Online, Jakarta- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah menyatakan sektor perizinan harus menjadi perhatian Pemerintah baik dari sisi biaya maupun waktu penyelesaian.

    "Pada dasarnya proses perizinan ini tidak mudah, sehingga perlu perhatian dari Pemerintah," kata Wakil Kadin Jateng Bidang Investasi Didik Sukmono di Semarang, Minggu.

    Menurut dia, jika bicara perizinan maka tahapan dibagi menjadi dua. Pertama adalah tahapan prakonstruksi yaitu izin tiga jam selesai. Tahap ini berupa pengesahan kehakiman atas legalitas usaha, NPWP, dan izin prinsip. Izin berikutnya adalah izin merealisasi, misalnya izin lokasi di antaranya izin mendirikan bangunan harus ada keterangan rancangan kota (KRK), HO, izin lingkungan, dan izin amdal.

    "Izin tahap kedua ini tidak mudah. Oleh karena itu, inilah yang harus mendapatkan perhatian dari Pemerintah pusat," katanya.

    Diakuinya, dengan kesulitan tersebut maka merealisasi investasi belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pelaku usaha. Selain itu, bukan hanya biaya awal yang masih tinggi, tetapi waktu penyelesaian perizinan juga masih lama.

    "Pada dasarnya semangat dari Pemerintah patut diacungi jempol, meski demikian dalam realisasinya yang harus didorong lebih kuat lagi adalah Pemerintah kabupaten/kota," katanya.

    Dari sisi tersebut, proses masih banyak dikeluhkan oleh dunia usaha. Misalnya dalam mengurus IMB salah satunya ada klausul rekomendasi kebakaran. Menurut dia, untuk memperoleh rekomendasi tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. (Ant)
    Penulis/Editor: Ferry Hidayat
    Foto: WE
    http://wartaekonomi.co.id/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KADIN: PERIZINAN USAHA HARUS DIPERHATIKAN PEMERINTAH Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top