728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 26 February 2016

    BPS: PENGUSAHA JANGAN KHAWATIR KERAHASIAN SENSUS EKONOMI


    WE Online, Padang - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI Suryamin meminta pengusaha agar tidak mengkhawatirkan kerahasiaan data dari sensus ekonomi yang akan dilaksanakan pada 1 hingga 31 Mei 2016.

    "Kalau ada petugas BPS yang datang mohon kerja sama untuk menjawab pertanyaan. Jangan khawatir, kerahasiaan terjamin dan ini tidak ada hubungan dengan pajak," katanya di Padang, Jumat (26/2/2016).

    Ia menyampaikan hal itu usai membuka seminar nasional Matematika dan Statistika serta sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di Sumatera Barat.

    Ia menjelaskan sensus ekonomi bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian.

    "Karena sekarang era bebas ada kecenderungan masyarakat khawatir dengan sensus yang dilakukan, padahal sensus ini untuk kebaikan pelaku usaha juga," kata dia.

    Menurutnya melalui sensus ekonomi akan diperoleh data pemetaan potensi ekonomi menurut wilayah, jenis dan pelaku usaha serta pemetaan daya saing bisnis.

    Kemudian akan diperoleh karakteristik usaha menurut skala serta tersedianya sampel untuk berbagai kegiatan survei bidang ekonomi, lanjut dia.

    Ia menyampaikan sensus ekonomi akan mendata seluruh usaha atau perusahaan yang bertempat di lokasi tetap seperti mal, perkantoran, pabrik, restoran, usaha tidak tetap seperti pedagang kaki lima, usaha keliling hingga usaha rumah tangga.

    Lalu seluruh pelaku usaha mencakup pemerintah, swasta, lembaga nonprofit, organisasi sosial, perusahaan, usaha online hingga sektor nonformal.

    Ia mengatakan dalam pelaksanaan sensus BPS mengerahkan sekitar 400 ribu petugas di seluruh Indonesia.

    Sementara Wakil Wali Kota Padang Emzalmi meminta masyarakat memberikan data yang valid pada sensus ekonomi yang akan dilakukan BPS.

    "Ini juga demi kemajuan Kota Padang nantinya, untuk itu harap memberikan data yang valid kepada petugas," katanya.

    Menurutnya sensus ekonomi yang dilakukan 10 tahun sekali relevan dengan kondisi Kota Padang untuk melihat sejauh mana kota ini bangkit setelah terpuruk akibat gempa pada 2007 dan 2009, karena sensus terakhir dilakukan pada 2006.

    Untuk itu, katanya hal tersebut membutuhkan dukungan masyarakat dalam memperoleh data, karena tanpa itu maka data yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan.

    "Jika dilihat secara kasat mata pertumbuhan ekonomi di Kota Padang sudah cukup baik, dengan adanya sensus ekonomi ini k bisa melihat seberapa besar kemajuan ekonomi dan peluang apa saja yang selama ini berkembang," ujarnya. (Ant)
    Penulis/Editor: Vicky Fadil
    Foto: Sufri Yuliardi
    http://wartaekonomi.co.id/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BPS: PENGUSAHA JANGAN KHAWATIR KERAHASIAN SENSUS EKONOMI Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top